RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN LOKASI WISATA DI BALI DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

I Putu Gede Arya Anom Pucangan, I Gst. Ngurah Darma Paramartha, I Nym. Yudi Anggara Wijaya

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, pembelajaran, melakukan analisa maupun menemukan sebuah hiburan. Salah satunya adalah teknologi smartphone Android yang saat ini telah digunakan oleh banyak orang. Melihat banyaknya lokasi wisata yang ada di Pulau Bali, muncul ide untuk menampilkan lokasi-lokasi tersebut di dalam sebuah aplikasi yang berbasis Android. Teknologi yang digunakan dalam perancangan aplikasi tersebut adalah Augmented Reality sebagai representasi untuk melakukan pencarian lokasi wisata secara realtime dimana pencariannya dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu Camera Mode dan Map Mode. Dengan dirancangnya aplikasi ini diharapkan akan membantu user dalam melakukan pencarian lokasi-lokasi wisata yang ada di Bali.

 

Kata kunci : Android, Augmented Reality, Wisata Pulau Bali

 


References


Alfa S, Eva M.A. Beginning Android Programming with ADT Bundle. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2014: 2-3.

Ardana, I Ketut. Menjadi Pramuwisata Profesional. Denpasar: PT Temprina Media Grafika Bali. 2013: 59-90.

G.Shiva, N.R.Raajan. "Augmented reality: The future tense of 3D Advertisement." International Conference on Computer Communicationand Informatics. Coimbatore: IEEE, 2013.

Haviluddin. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman. Febuari 2011: Vol 6 No. 1: 3.

Lethbridge, Timothy C, Robert Laganiere (2001). Object-Oriented Software Engineering: Practical Software Development Using UML and Java. NewYork: McGraw Hill.

Pitana & Surya. Pengantar Ilmu Pariwisata. yogyakarta: Andi. 2009.

Safaat, Nazarudin. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.