SISTEM PEMETAAN PENYEBARAN PENYAKIT KEBUTAAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID DILINGKUNGAN DINAS KESEHATAN BALI

Nyoman Hadi Suardana, I Made Darma Susila, Gede Dody Sanjaya

Abstract


Mata merupakan panca indera yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk melihat. Dengan adanya mata, manusia dapat menikmati keindahan alam dan dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Jika mata mengalami gangguan atau penyakit mata, maka akan berakibat fatal bagi kehidupan manusia. Jadi hendaknya kesehatan mata perlu dijaga. Penyakit mata sangat banyak jenisnya mulai dari yang ringan, parah, hingga kebutaan yang sering dialami oleh banyak orang. Proses pendataan laporan pasien terkena penyakit kebutaan ialah Puskesmas mencatat terlebih dahulu data-data kebutaan yang dialami pasien, pada saat pihak Dinas Kesehatan melakukan pemantauan, data tersebut langsung diberikan kepada pihak Dinas kesehatan. Sering kali pihak Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengalami kendala dalam proses pendataannya karena kekurangan sumber daya manusia untuk melakukan pemantauan langsung ke lapangan mengingat jarak dan waktu. Untuk mengurangi segala hambatan yang ditemukan dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dari permasalahan yang ada, munculah suatu ide untuk membuat  Sistem Pemetaan Penyebaran Penyakit Kebutaan Masyarakat Berbasis Android Dilingkungan Dinas Kesehatan Bali yang dapat membantu Dinkes Provinsi Bali dalam mendata dan memetakan  informasi mengenai tingkat kebutaan masyarakat Bali serta menampilkan peta lokasi dan jumlah penderita kebutaan masyarakat Bali

 

Kata Kunci : Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Pemetaan, Aplikasi Mobile


References


Renuat, Ridwan Dhani. 2005, Sistem Informasi Jadwal Keberangkatan KeretaJabodetabek Berbasis Android, Universitas Gunadarma.

http://rsmataaini.co.id/glaukoma.html , diakses tanggal 1 Desember 2014.

http://www.moondragon.org/health/disorders/xerophthalmia.html, diakses tanggal 1 desember 2014.

Nazruddin Safaat H, 2007, Android (Pemograman Aplikasi MobileSmartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Informatika, Bandung.

Nazruddin Safaat H. 2008. Pemgrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Penerbit Informatika bandung.

Hariyanto, Bambang. 2004. Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung

C. Lethbridge, Timothy dan Laganiere, Robert. 2002. Object-Oriented Software Engineering. McGraw-Hill, New York

. Istvan Novak, Andras Velvart, dkk. 2010. Visual Studio 2010 and .NET 4 Six-in-One : Wrox

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML – Edisi Pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.