Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Denpasar Timur Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Kantor Camat Denpasar Timur)

Dewa Gede Dwi Putra Pramana, Luh Gede Surya Kartika, Ni Nyoman Harini Puspita

Abstract


Pada era globalisasi ini perkembangan Teknologi Informasi (TI) sangatlah pesat sehingga memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek kegiatan pada instansi pemerintahan. Pelayanan masyarakat adalah suatu kegiatan yang harus mendahulukan kepentingan umum, mempermudah urusan masyarakat, mempersingkat waktu pelayanan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Dalam konteks penelitian ini yang dimaksud dengan kualitas pelayanan adalah kualitas pelayanan website Denpasar Timur. Sedangkan kepuasan dalam konteks penelitian ini adalah kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan website Denpasar Timur. Indikator untuk pengukuran kualitas pelayanan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL). Indikator pada SERVQUAL yang dipakai adalah Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Indikator untuk mengukur kepuasan masyarakat menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index) dan indikator pada CSI yang dipakai adalah hanya kepuasan. Berdasarkan hasil analisa korelasi antara sub variabel Reliabilitas dengan kepuasan, korelasi antara sub variabel Daya Tanggap dengan kepuasan, korelasi sub variabel Jaminan dengan kepuasan, korelasi sub variabel Empati dengan kepuasan, korelasi variabel Servqual dengan kepuasan, maka korelasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan website Denpasar Timur berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.

                                                                                                                                            

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Denpasar Timur, SERVQUAL, CSI


References


Iwan K. 2013. Pengaruh Kualitas Jasa Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat Dan Banten Area Bandung). Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan Bandung.

Paulus Sukapto, Fransiscus Rian Pratikto, Gede Karya. 2012. Pengukuran Kepuasan Pengguna dan Usulan Peningkatan Layanan Akademik Online Di Universitas Katolik Parahyangan: Pengukuran dan Pengembangan Inisiatif Usulan Perbaikan. Skripsi. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Farida FI. 2011. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api Ekspres Pakuan Jabodetabek (Studi Kasus Kereta Api Ekspres Pakuan Bogor-Jakarta). Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rosa E, Hidayat P. Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Pelayanan Bank Mandari Cabang Zainul Arifin Medan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 2013. No.23. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Siregar AH, Suryanawa IK. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat. Tesis. Denpasar: Unud; 2008.

Manullang I. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan PT. Garuda Indonesia Airlines Di Bandara Plonia Medan. Tesis. Medan: Universitas Sumatra Utara; 2008.

Mardi. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Samarinda. Ejurnal Ilmu Pemerintahan. 2013. Vol.1, No.2. Samarinda: Universitas Mulawarman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.