APLIKASI GAME INTERAKTIF “I KETIMUN MAS TEKEN I RAKSASA” BERBASIS ANDROID

Ni Wayan Nonik Arisanti, Muchmmad Naseer, Ni Wayan Deriani

Abstract


Membangun aplikasi game  interaktif “I Ketimun Mas Teken I Raksasa” berbasis Android dengan menggunakan bahasa pemrograman LUA pada Corona SDK, yang dapat digunakan untuk membantu penyampaian cerita dan pesan moral pada satua Bali serta memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tertarik dengan satua-satua Bali. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk melestarikan dan mengangkat budaya daerah Bali dengan satua-satua yang mendidik. Aplikasi ini terdapat cerita serta game . Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data dari literatur Game  Interaktif “I Ketimun Mas Teken I Raksasa”, Unified Modeling Language (UML) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Penelitian ini memfokuskan pada penyampaian cerita serta memainkan game  berdasarkan cerita yang diambil dari satua Bali “I Ketimun Mas Teken I Raksasa”.

Kata kunci : Game , Interaktif, I Ketimun Mas Teken I Raksasa, Android

 


References


Samsudin, A. 2008. Peran Multimedia Interktif Dalam Pembelajaran. [online].

Tersedia:http://semangatbelajar.com/peran-multimedia-interaktif-mmidalam-pembelajaran. Diakses pada 10 April 2015.

Buku Satua Bali Jilid I B untuk murid Sekolah Dasar Kelas II, tahun 1975.

H, Nazruddin Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung, 2012.

Lestari, Dewi. 2012. Artikel Game . Jawa Barat : Arsip Teknik Informatika UMMI.

Ambara, Gede. 2009. Rancang Bangun Aplikasi Game Pengumbaran I Siap Selem Berbasis Flash. Denpasar : Skripsi STIMIK STIKOM-Bali.

Naseer, Muchammad., Harsemadi, Gede. 2013. Sistem Multimedia. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Williams, Daniel. Corona SDK Application Design. http://it-ebooks.info/book/2944. Diakses tanggal 3 Oktober 2014.

Agung, Muhamad Leo. 2011. Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash Pro CS5.5. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sholiq. 2006. Permodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek Dengan UML. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Labrecque, Joseph, Flash Development for Android Cookbook, Packt Publishing Ltd, Birmingham, 2011.

Munawar, Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.