Aplikasi Perhitungan Kerentanan Menggunakan Metode Common Vulnerability Scoring System Version 2

Andreas Firdaka Pawelana, I Gede Putu Krisna Juliharta, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti

Abstract


Jutaan bahkan miliaran komputer saat ini telah terkoneksi satu sama lain baik secara kabel maupun nirkabel. Khususnya untuk yang bersifat komersial, perlindungan terhadap kerahasiaan, integritas dan ketersediaan sistem merupakan kebutuhan yang sangat diprioritaskan, namun setiap sistem pasti memiliki celah kerentanan yang dapat merugikan bagi perusahaan. Tim manajemen IT bertugas untuk dapat mengidentifikasi hingga memprioritaskan lubang keamanan mana yang harus segera diatasi. Dengan adanya metode Common Vulnerability Scoring System (CVSS) sebagai bahasa umum dalam menghitung kerentanan dan dampak yang ditimbulkan, diharapkan tim manajemen IT dapat lebih mudah mengambil keputusan untuk mengatasi kerentanan yang ditemukan, baik dari platform software maupun hardware yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah membuatkan aplikasi cvss berbasis dekstop dengan tools Visual Basic 2008. Metode dalam penulisan penelitian ini dimulai dari membuat flowchart, use case, activity, sequence dan class diagram. Hasil dari penelitian ini berupa software aplikasi base score metric cvss yang dapat digunakan untuk menghitung kerentanan yang ada.

                                                                                                                                               

Kata kunci: Aplikasi CVSS, Contingency Plan, CVSSv2, Base Score Metric, Perhitungan Kerentanan

 


References


Peter Mell, Karen Scarfone, Sasha Romanosky. CVSS A Complete Guide to the Common Vulnerability Scoring System version 2.0. National Institute of Standards and Technology and Carnegie Mellon University. July, 2007

Forum of Incident Response and Security Teams (FIRST). Site https://www.first.org/cvss. Tanggal akses terakhir: 10 April 2015.

Hermawan, Julius. ANALISA DESAIN & Pemrograman Berorientasi Objek dengan UML dan VISUAL BASIC. NET. Yogyakarta: Andi Offset. 2004.

Ali, Muhamad. Jalan Pintas Menguasai Pemrograman Windows dengan Visual Basic.Net. Bondowoso: Raditeens Publisher. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.