SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK KOSMETIK BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES (STUDI KASUS : ORIFLAME)

Ni Luh Gede Kusuma Dewi, Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, Nyoman Ayu Nila Dewi

Abstract


Kosmetik merupakan produk yang sering digunakan oleh para perempuan untuk memperindah dan memperbaiki penampilannya. Selain dapat membuat kulit tampak bersih, kosmetik juga dapat memelihara kecantikan individu. Namun, sampai saat ini masih terdapat kendala yang sering dihadapi konsumen dalam memilih kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit mereka. Untuk mempermudah dalam pemilihan kosmetik yang sesuai maka diperlukan sebuah sistem. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah proses pemilihan dan mampu memberikan solusi kepada konsumen dalam memilih kosmetik yang tepat dan sesuai. Pada penelitian ini dibangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang menggunakan Metode Bayes untuk menganalisa data yang berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Dengan dirancangnya sistem ini maka konsumen dapat melihat daftar produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan kulit mereka. Hal ini tentu akan memudahkan pengambilan keputusan menentukan kosmetik.

Kata Kunci : Kosmetik, Metode Bayes, Sistem Pendukung Keputusan


References


Marhadisony R, Budi Putra I. FK USU. Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pekerja Salon di Kelurahan Helvetia Tengah Kecamatan Medan Helvetia Terhadap Alergi yang Diakibatkan Bahan Kosmetik. 2012; 1(1): 1-2.

Iqbal, M. Hasan. 2002. Pokok Materi Pengambilan Keputusan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Tranggono, Retno dkk. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Komardi D, Overayani R. Analisa Pengaruh Kesadaran Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Oriflame. 2013; 1(2); 19.

Ari Jayanti D. Implementasi Metode Bayes Pada Penilaian Kinerja Dosen. Dosen Stikom Bali. 2012; 2(2): 14-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.