Aplikasi Multimedia Pembelajaran Sistem Operasi Berbasis Flash Pada STMIK STIKOM Bali

I Ketut Adi Keryasa Putra, Dr. Muhammad Rusli, Yohanes Priyo Atmojo

Abstract


Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka sistem pendidikan harus dikembangkan sesuai dengan perkembangan yang terus mengalami pembaruan, salah satunya yaitu dengan menggunakan teknologi multimedia pembelajaran. Sistem Operasi merupakan salah satu mata kuliah yang wajib untuk dipelajari bagi mahasiswa yang mengambil jurusan di perguruan tinggi dan sekolah tinggi di bidang komputer, khususnya di STMIK STIKOM Bali. Faktanya banyak mahasiswa sulit untuk mengerti ketika mempelajari mata kuliah Sistem Operasi,  dosen sebagai pengajar kurang kreatif dan inovatif dalam pemaparan materi mata kuliah Sistem Operasi, dan dosen sering tidak hadir dalam perkuliahan tersebut. Jika hal itu terjadi maka daya serap serta pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran pun akan berkurang. Maka dari itu, penulis ingin merancang suatu aplikasi multimedia pembelajaran Sistem Operasi sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas proses belajar dengan merancang dan mengembangkan konten yang kreatif, yaitu menggunakan aplikasi flash. Dengan dirancangnya multimedia pembelajaran berbasis flash ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dan meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya mata kuliah sistem operasi di STMIK STIKOM Bali.

Kata Kunci : Sistem Operasi, Multimedia Pembelajaran, Flash.


References


Author1 A, Author2 B.. Title (this should be in italics). Patent number (Patent). Year of publication.

Ahmad LP, Hooper A. The Lower Switching Losses Method of Space Vector Modulation. CN103045489 (Patent). 2007.

Standards:

Name of Standard Body/Institution. Standard number. Title (this should be in italics). Place of publication. Publisher. Year of publication.

IEEE Standards Association. 1076.3-2009. IEEE Standard VHDL Synthesis Packages. New York: IEEE Press; 2009.

Reports

Author/Editor (if it is an editor/editors always put (ed./eds.) after the name). Title (this should be in italics). Organisation. Report number: (this should be followed by the actual number in figures). Year of publication.

James S, Whales D. The Framework of Electronic Goverment. U.S. Dept. of Information Technology. Report number: 63. 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.